Kota Al-Quds (Yerusalem) adalah salah satu kota di dunia yang menyita perhatian lebih para peneliti dan arkeolog. Hal tersebut disebabkan kota ini menyimpan sejarah besar tiga agama, yaitu Yahudi, Nasrani dan Islam. Terlebih, di dalam kota ini juga terdapat Masjid Al-Aqsha yang Namanya disebutkan dalam kitab suci . Oleh karena itu, kota ini pun menjadi rebutan sampai jatuh korban dari berbagai pihak.

Pengetahuan dan informasi seputar Masjid Al-Aqsha yang masih minim, serta berita-berita yang disajikan berasal dari sumber yang tidak dapat dipercaya, membuat sebagian orang keliru dalam mendefinisikan Masjid Al-Aqsha. Ada sumber yang mengatakan bahwa Masjdi Al-Aqsha berwarn kehitam-hitaman. Oleh karena itu, ketika terjadi penistaan terhadap Masjid Al-Aqsha, mereka yang tidak memahami akan mengatakan bukan Masjid Al-Aqsha yang dinista, melainkan tempat lainnya. Padahal tempat lain yang dimaksud adalah bagian dari Masjid Al-Aqsha.

Maka dari itu, perlu ada edukasi yang secara terus berkesinambungan kepada masyarakat mengenai pemahaman Masjid Al-Aqsha dan Palestina ini. Karena, kita tidak akan dikatakan cinta, jika kita tak mengenal apa yang kita cintai. Masyarakat Peduli Al-Aqsha (MPA) berkomitmen untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya pemahaman menganai Masjid Al-Aqsha dan Palestina. Dalam media website ini, mpa.or.id akan kami persembahkan seri ensiklopedia Al-Aqsha dan Palestina secara bertahap dari sumber yang benar.

(erzaen/S:Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha )