“Barangsiapa yang membangun masjid, maka Allah akan bangunkan baginya semisalnya di surga.”

(HR. Bukhari, 450 dan Muslim, 533 dari Hadits Utsman radhiallahu’anhu).

MPA dan beberapa lembaga kemanusiaan lainnya selalu berkoordinasi untuk memikirkan permasalahan Palestina, kamipun selalu berkoordinasi dengan otoritas dan para ulama di Palestina terutama di Gaza, apa yang dibutuhkan oleh mereka. Mereka menjawab selain membutuhkan support dan bantuan kemanusiaan berupa sembako, pakaian, obat-obatan dan lainnya saat ini yang urgent mereka butuhkan adalah masjid, masjid yang representative.

Bagi masyarakat Palestina, masjid bukan sekedar tempat untuk menunaikan shalat berjamaah. Sebagai daerah yang tengah dijajah, masjid menjadi pusat kehidupan, pendidikan, peradaban dan perjuangan.

Bismillah, dengan mengharap ridha Allah SWT Kami mengakomodir permintaan masyarakat Gaza- Palestina tersebut dengan proyek pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia. Kami tidak menggunakan nama lembaga, nama institusi ataupun nama lainnya dalam penamaan masjid ini, kami bersepakat untuk menamakan masjid Istiqlal Indonesia. Istiqlal artinya Kemerdekaan, sebuah kata yang akan menggetarkan, kata yang menjadi harapan masyarakat Palestina selama ini. Semoga dengan dibangunnya masjid ini, cita-cita kemerdekaan Palestina segera terwujud.

Mari bangun masjid kemerdekaan untuk Palestina dari semangat kemerdekaan Indonesia.